What's new

Dapatkan Daftar Situs Slot Online di SlotAO.com: Forum Slot Online Indonesia

Masih mencari kumpulan daftar situs judi slot online terpercaya yang fair play? Sekian banyak bandar slot online yang bertebaran di internet pasti membuat anda bingung, mana situs judi slot online yang terbaru dan terbaik. Apalagi saat menghadapi pandemi Covid ini yang tak kunjung habis ini, orang - orang berbondong-bondong mencari situs judi slot online terpercaya 2021 untuk mengisi waktu luangnya. Tunggu apa lagi, bergabung bersama kami disini untuk sharing bersama!

Ask question

Ask Questions and Get Answers from Our Community

Answer

Answer Questions and Become an Expert on Your Topic

Contact Staff

Our Experts are Ready to Answer your Questions

Strategi & jenis Branding serta penerapannya

SlotAO

Moderator
Staff member
Joined
Dec 16, 2021
Messages
12,717
Reaction score
0
Points
6
Branding jadi tombak utama untuk menggali pasar, bagi sebuah produk mengerjakan branding adalah salah satu upaya menciptakan bukti diri produk supaya diketahui & dipahami masyarakat, akan manfaat produk, serta keunggulannya dibanding produk serupa, kali ini yg kita bahas adalah contoh branding suatu product yg masih sama sekali baru, dengan studi kasusnya.

Semua produsen berlomba-lomba merekrut regu kreatif, regu marketing, regu pemasaran, bahkan tidak segan membayar mahal pada sebuah advertising agency, atau jasa iklan, baik iklan digital maupun iklan dengan penempatan di jalan raya maupun stasiun televisi, agency kreatif pun di kontrak untuk membangun brand identity.

Semua dilakukan demi branding, setelah brand positioning didapatkan, tugas selanjutnya Head of Marketing menentukan konsep campaign, dengan mencengkeram pasar yg sudah dibidik & dipatkan saat soft launching product dengan konsep campaign awal dari agency creative tersebut sesuai konteks yg ditetapkan.

Hal yg harus ada dalam Branding
Yang terpenting adalah, perhatikan hal-hal yg harus ada dalam branding tersebut, seperti logo, tentu harus sesuai bukti diri & tabiat produk, perhatikan juga nama produk, apakah familiar & mudah di ingat? Dan jangan lupakan juga sosok brand ambassador yg baik & sangat me-representasikan produk andalan anda.


Tagline pun juga dapat sangat menentukan pasar yg dibidik, seperti kalimat Pria Punya Selera, adalah tabiat yg ditujukan untuk selera spesifik seseorang kepada suatu cita rasa, dalam hal ini untuk rokok yg rasanya memang sangat laki-laki.

 Strategi & tipe Branding serta penerapannya


Pastikan juga anda menciptakan suatu sound identity yg ringan, classy, singkat & berirama, seperti sound product Tokopedia maupun Gojek, karena dengan sound branding, produk anda mudah di ingat, Visual branding seperti logo ataupun Banner di setiap iklan yg beredar, akan menambah pesan penyampaian produk yg menjual & menjanjikan, percayakan pengerjaan tersebut pada pakar desain marketing yg terpercaya.


Jenis macam-macam branding
Biasanya terdapat dua atau tiga tipe branding yg akan dilakukan sebagai step awal, yaitu Corporate branding & Product branding, kalau memulai dari Corporate Branding, reputasi company sedang dibangun, biasanya antar bisnis seperti dengan kawan bisnisnya ataupun corporate client untuk keperluan business to business, semua ini dilakukan untuk bukti diri perusahaan, seperti produk turunan & segala sumber dayanya.

Sedangkan product branding lebih mengedepankan bagaimana product ini akan diterima di masyarakat sebagai product apa, contoh saat branding mie instant, tentunya adalah tipe makanan yg cocok untuk logistik, maupun makanan penunda lapar, karena bukan tipe makanan pokok.

Adapun tipe macam-macam branding lainnya, seperti Co-branding, Personal branding seperti yg dilakukan GoJek saat branding foundernya Nadiem Makarim, ataupun Service Branding, tipe lainnya yg tak kalah penting adalah Geographical Branding, seperti Solo The Spirit of Java, adalah slogan untuk Branding wisata daerah kota Solo & sekitarnya.

Strategi Branding
Sebelum mengerjakan strategi untuk branding, pastikan memahami beberapa task list dalam mengerjakan branding perusahaan, seperti memastikan slogan perusahaan maupun produknya, kemunculan atau seberapa seringnya product anda disebut di social media maupun di media online, bahkan di mesin pencari, untuk Brand Awareness seperti ini pastikan product anda hadir di semua media iklan & diterima dengan baik oleh masyarakat.

 Strategi & tipe Branding serta penerapannya


Strategi selanjutnya adalah pastikan bahwa membangun image harus sebanding & selaras visi misi perusahaan, sehingga target utamanya adalah ingatan pasar kepada produk anda, contoh kalau menyebut produk air minum dalam kemasan, tentu kita langsung ingat Aqua, hal ini juga sering disebut sebagai Brand Association.

Maka, supaya semua dapat bersinergi, dibutuhkan strategi Brand Equity yg mana acuan utamanya adalah Kualitas product & Kepuasan pelanggan saat mengpakai produk tersebut, tidak cuma kepuasan dalam mengkonsumsinya, namun pengalaman apa yg diberikan sehingga rasa puas atau sedap macam apa setelah mengkonsumsi produk yg dibelinya.

Sehingga dalam hal Brand Equity ini, semua pihak yg terlibat, termasuk Branding Agency pun harus bekerja keras memikirkan perkembangan baru, baik konsep campaign, insight atau pengetahuan publik atas produk tersebut, persepsinya, tentu semua ini butuh jasa riset pasar atau market research untuk mengetahuinya, perkembangan barunya adalah memikirkan kemasan baru, product knowledge, product management, standar kenyamanan product yg handy di tangan konsumen, hingga souvenir apa yg dapat diberikan maupun event pameran seperti apa untuk membalut promosinya, tahap ini memang sulit, tetapi kalau berhasil melewatinya, maka Brand Loyalty sudah didepan mata.

Setelah Brand Awareness berhasil beroperasi secara paralel dengan Brand Association, & Brand Equity berjalan dengan baik, maka Brand Loyalty biasanya jadi proses Finishing project Strategi Branding ini, dalam perjalananya, tahap ini dapat mengukur apakah produk sudah diterima dengan baik oleh masyarakat atau tidak.

Sebagai contoh, untuk produk rokok di area pulau Jawa, dengan kategori filter cengkeh, Djarum Super menguasai pasar area perbatasan Jawa Timur hingga ke Barat, sedangkan secara Geografis, untuk area Madiun ke Timur, rokok Gudang Garam Surya maupun International sangat digemari, ini murni riset & pandangan penulis.

Dalam hal Brand Loyalty, dibutuhkan Market Research Service dengan data seksama untuk menakarnya, apakah konsumen dapat 'hidup' tanpa produk kita ? atau cuma seperti kisah roman picisan, 'tak dapat hidup tanpamu' namun dengan mudah pindah ke lain hati pada kenyataannya ?

Strategi terbaik dalam Brand Loyalty, adalah pendekatan yg lebih mendekat, seperti program loyalty customer, maupun pendekatan entertainment campaign, contohnya Surya Rocknation, karena dengan loyalitas konsumen, akan melemahkan siasat marketing kompetitor bahkan pemain baru dengan cara-cara yg biasa.

Efektivitas dari Brand Loyalty ini sangatlah besar, seperti promosi gratis dari loyal konsumen, seperti pengguna susu Bebelac yg khasiatnya memang sangat dapat dirasakan oleh para Ibu yg melihat anak balitanya tumbuh kembang dengan sehat & baik, selain itu dapat meningkatkan penjualan tentunya, ditambah lagi memperluas pasar, karena rasa penasaran dari calon pengguna.

Teknik Branding
Jika belajar dari produk makanan ringan, seperti Oreo saat perdana kali datang ke Indonesia, masyarakat umumnya menganggap Orea hanyalah biskuit biasa yg tidak ada bedanya dengan biskuit pada umumnya, namun dengan strategi How to Branding, dengan jargon "Diputer dijilat terus dicelupin" dengan minuman susu, tentu hal unik ini dapat menciptakan calon konsumen penasaran membeli & mencobanya, bahkan setelah belasan tahun iklan tersebut berlalu, hingga kini masih banyak yg mengasosiasikan Oreo dengan Susu, sebagaimana masyarakat daerah, mengasosiasikan Kopi & Gorengan.

 Strategi & tipe Branding serta penerapannya


Cara branding menarik lainnya adalah dengan web series, sinetron atau segala tayangan hiburan lainnya, seperti yg pernah terjadi yaitu The East NetTV dimana tampak real seperti kegiatan sehari-hari kru Net Tv, padahal ini adalah strategi branding dari stasiun televisi yg saat itu relatif masih baru mengudara di Indonesia.

Tidak ketinggalan Sitkom atau Situasi Komedi OB dari RCTI, dimana seragam & brand yg dikenakannya adalah shadow brand yaitu OKE TV, yg tidak lain adalah slogan lama RCTI, yaitu RCTI OKE, hasil dari brand tersebut sangat kuat, karena komedi yg tayang sejak 2006 memang mendapat tempat di hati masyarakat, & RCTI terus merajai penayangan di televisi Nasional kala itu.

Kesimpulan
Disetiap operasional perusahaan, divisi marketing, adalah yg paling sibuk, karena berkaitan dengan proses memasarkan produk, didalamnya juga regu sales juga melayani penjualan supaya produk terhinggakan dengan baik ditangan customer, karena seluruh regu tenaga marketing adalah ujung tombak perusahaan, sehingga strategi harus matang & sempurna.


Sumber artikel : https://creativauz.net/blog/strategi...a-penerapannya Hari ini 22:54
 
shape1
shape2
shape3
shape4
shape7
shape8
Top